Monday, May 25, 2009

Ayam Garo Rica ( Manado )



Masakan Manado...

Sebenarnya asing buat saya karena saya asli sunda, yang saya tau hanya rica-rica saja.Dengan adanya MASBAR ini saya jadi tertantang untuk mengetahui masakan dari Manado dan kebetulan saya ingat waktu saya sekolah di SKKP ,saya pernah belajar masakan Manado dan akhirnya saya buka buku yang waktu di SKKP .Karena emang buku ini saya bawa ke Australia sebagai penuntun saya menjadi ibu rumah tangga.

Makasihyah Masbar saya jadi mengenal dan mengingat aneka masakan Nusantara.


Bahan:
  • 250 g dada ayam, potong kotak
  • 20 lbr daun kemangi
  • 7 lbr daun jeruk
  • 2 lbr daun pandan, simpul
  • 4 btg daun bawang, iris kecil
  • 1 lbr daun kunyit, simpul
  • 2 btg serai, memarkan
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • Garam dan gula secukupnya
Bumbu:
  • 10 buah bawang merah, haluskan
  • 10 buah cabai rawit, haluskan
  • 10 buah cabai merah, haluskan
  • 3 cm jahe, memarkan
  • Garam secukupnya
Cara Pembuatan:
  1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis, taburi dengan garam. Biarkan selama 15 menit.
  2. Panaskan minyak, masukkan bahan bumbu dan semua bahan kecuali dada ayam. Tumis hingga harum.
  3. Masukkan ayam, biarkan hingga lemak ayam keluar.
  4. Beri sedikit air, bumbui dengan garam dan merica
  5. Di masak sampai matang.

5 comments:

Shinta said...

teh Bia, tukeran yuuk ayamnya... ;)
Btw, makasih ya dah ikutan lagi bulan ini. Tungguin aja round up-nya ya...

A.G said...

wah sama Bia aku juga bikin ayam garong eh garo hehe..... :D

Dapur Bia said...

Iya...mau tukeran ayamnya...aduh maaf photonya saya kurang pas habis musim dingin..gelap melulu di oz

Dapur Bia said...

Bagus dong..kalau samaan..!

Judith said...

Jadi pingin maem ayam rica2, dulu sering masak ini.. sekarang males.. lha yang maem aku thok :( keluargaku nggak doyan puedes..

Have a nice day Jeng Bia :D

Thank you for visiting dapurBia