Thursday, April 23, 2009

Talam Ebi



Waktu saya lagi di kampung dan tentunya masih muda,saya suka dengan talam ebi ini.
Saya sering sekali membeli kue ini sewaktu jam istirahat di sekolah waktu SMP/SMA
Setelah saya tinggal di oz saya kepingin dan teringat dengan makanan ini,tapi beli di mana...? bikin....? ,engga bisa...!
Karena ada tantangan dari "Masak Bareng" untuk membuat makanan dari tepung beras,tentu saja saya kebayang makanan yg satu ini "Talam ebi".
Yes...saya harus bisa membuatnya.
Dan akhirnya saya bisa...dan suamiku bilang....enyak-enyak...!
Asik, aku bisa makan sepuasnya...Yam,yam,yam......!

Bahan:
65 grm tepung beras
100ml air
40grm tepung beras
40grm tepung kanji
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
300ml santan dari 1/4 butir kelapa, dipanaskan

Bahan B:
2 sdm tepung beras
1 sdm makan tepung kanji
125 ml santan 1/4 butir kelapa

Bahan taburan:
50grm ebi,di sduh lalu tumbuk kasar
2 siung baw putih
1 1/8 sdt garam
2 sdt gula pasir
2 buah cabai merah,di iris halus lalu di goreng
1 sdm makan daun seledri di cincang halus
minyak untuk menumis.


Cara membuatnya:
1. Didihkan air lalu tuang ke dalam tepung beras aduk hingga menggumpal
2. Tambahkan tepung beras ,tepung kanji,gula, dan garam
3. Tuang santan sambil di uleni lalu saring
4. Tuang ke cetakan kue yg di olesi minyak goreng,setinggi 3/4 tinggi cetakan,kukus selama 10 menit.
5. Aduk bahan B lalu tuang ke atas bahan A ,kukus lg selama 15 menit/sampai matang.
6. Buat isi ,tumis ebi ,baw putih,garam,dan gula hingga gula larut.Angkat, masukan cabai dan daun seledri aduk rata.
7. Taburkan ke atas kue lalu sajikan.


Keterangan:
-Untuk 17 buah
-Lama persiapan 30 menit.

5 comments:

Masak Bareng said...

Wow pake ebi, nyicip aah...
Makasih dah ikutan ya.. dan tunggu round up edisi ini.

Salam Masak Bareng,
a.n Team MasBar
-Shinta

Ike Hermawan said...

Teh Biaaaaa.....ngilerrrr..mau atuh...kapan2 bikin ahhh....

dapurbia said...

Iya..embak saya ikutan lg nih...termakasih sudah di tengok..!

dapurbia said...

Halo Ke..di jamin enak Ke...abdi oge bade ngadameul deui..

Masak Bareng said...

Wah ebi... aku suka... btw kamu blm krm emil ke MasBar ? tak tungguin ya bt photonya yg mo buat round up

Makasih

Salam
Team MasBar
Ayin

Thank you for visiting dapurBia